Kamis, 03 September 2015

Kota Kelahiranku Yang Tak Akan Pernah Kulupakan




Sumenep, Sumenep adala kota kelahiran ku dimana masih kental dengan budaya- budayanya hingga mempunyai makanan dan ciri khas  sampai saat ini. Sebagai contoh budaya kerapan sapi yang masih berlangsung setiap tahun bahkan dalam satu tahun bisa lebih dari dua kali lomba kerapan sapi, mungkin orang lain mengira kerapan sapi adalah sesuatu yang menyiksa hewan tapi beda dengan di Sumenep, hal tersebut sudah lumrah dilakukan sejak dahulu.
                Ada juga makanan khasnya yang kaldu, mungkin sebagian orang mengira kaldu itu adalah air dari hasil rebusan daging ayam maupun sapi, akan tetapi kaldu dari Sumenep beda karena kaldu yang dimaksud adalah terbuat dari kacang hijau yang direbus dengan rempah-rempah  yang sangat khas namun berbeda dengan bubur kacang hijau karena bubur kacang hijau manis sehingga setiap orang yang datang dari luar Sumenep banyak memeburu makanan tersebut.
                Ciri khas dari kota Sumenep ialah dengan pengrajin kerisnya yang terkenal, mungkin juga banyak di luar kota Sumenep pengrajin keris tapi di Sumenep menggunakan cara yang khas yaitu dengan pengerjaan yang tradisional menggunakn tenaga manusia yang profesional sehingga nilai jual dan nilai seninya sangat tinggi. Banyak orang yang datang ke Sumenep untuk mendapat keris buatan asli Sumenep, bahkan banyak yang memesan dari luar Jawa untuk mendapat barang yang khas dari Sumenep ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar